BERBAGILAH DALAM HAL KEBAIKAN TERMASUK ILMU WALAU CUMA SETITIK....

11/28/2012

Cara Flashing Android dengan Custom Rom

Jika anda telah rooting gadget  Android, anda  mungkin ingin  mencoba  menggunakan custom ROM untuk OS Android anda. Dan  jika anda ingin mengetahui cara flash Android, agar Android anda bisa menggunakan Custom ROM.
Di bawah ini saya berikan sedikit tutorial mengenai flashing os Android. Dalam tips Android kali ini , akan terangkan langkah-langkah aman dalam menginstall custom ROM yang sesuai dengan gadget Android anda.

Untuk bisa menggunakan custom ROM, ponsel atau tablet Android anda harus sudah dalam keadaan Rooted. Jika gadget anda masih belum di rooting, sebaiknya anda mengunjungi forum xda-developer terlebih dahulu untuk mengetahui cara rooting Android anda.

Proses  flashing custom  ROM  untuk setiap  gadget  Android  bisa  berbeda-beda. tapi secara umum langkah dan caranya sama saja.

Peringatan : Jika  saat   melakukan  flashing  tidak  benar,tidak  bertanggung  jawab  jika  terjadi kerusakan OS pada Android anda,  saya sendiri  alhamdulillah  berhasil, mencoba mulai dari os 2.3.4 sampai dengan os ICS ( saya terapkan di LG P990/Lg O2x)

Tahapan/langkah Flashing Custom ROM Android bisa di lihat dibawah ini:

1. Download Custom ROM Android
Gunakan  komputer  atau  ponsel  Android  anda  untuk  membuka  situs   xda-developers  dan  coba temukan model Android anda di situs tersebut. cari ROM  yang anda sukai dan sesuai dengan model Android   anda,  jika   anda   sudah  menemukannya   download  custom   ROM  tersebut.  technodig merekomendasikan  untuk    menggunakan  custom    ROM CyanogenMod 7 ( Android Versi 2.3.x ).  Karena   CyanogenMod  merupakan  custom ROm  yang  paling  banyak  digunakan  oleh pengguna Android dan juga mempunyai komunitas pengguna  yang besar,
sehingga anda  akan  mudah  mendapatkan  bantuan jika terjadi hal-hal yang tidak  diinginkan.  Jika CyanogenMod  tidak tersedia  untuk gadget Android yang  anda pakai,  anda  harus memilih custom ROM yang lain.

 Simpan  hasil  download  custom  ROM  di  folder root sdCard.  jangan extract file  tersebut biarkan dalam bentuk  Zip.

2. Masuk Mode Recovery Android
Setelah anda menemukan  custom ROM  Android yang  sesuai, boot  Android  anda  dalam keadaan recovery mode.  Ada  dua cara agar  Android  masuk ke recovery mode, namun technodig.net hanya akan membahas satu saja dan menurut technodig cara ini adalah yang termudah.

Untuk  masuk  ke  mode  recovery  anda    bisa  menggunakan  aplikasi  ROM  Manager,  anda  bisa mengunduhnya dari Play Store.  Aplikasi  ini  mampu  membackup  dan  juga merestore data sistem Android anda, sehingga jika terjadi hal yang fatal dalam proses flashing Android, anda dapat dengan mudah mengembalikan  sistem  anda  seperti  sebelumnya.  Jika ROM Manager telah terinstall,buka dan jalankan aplikasi tersebut, anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini.
 


3. Back up Data Sistem Android
 Dengan  menggunakan  aplikasi  ROM  manager  anda  tidak  perlu  repot-repot melakukan backup manual.  karena  dengan  aplikasi  ini, saat  anda akan  memulai  proses  flashing custom rom, akan muncul pilihan backup di aplikasi ROM Manager (di langkah ke 4), seperti gambar di bawah ini.



4. Flashing Custom Rom
Jalankan aplikasi ROM Manager di mode recovery.
- Sentuh menu "Install From SD Card".
- ROM yang anda donwload tadi akan muncul di daftar ROM Manager, jika tidak ada pastikan anda  menempatkan file zip tadi di folder root sdCard.
- Klik nama ROM, akan muncul jendela seperti di langkah nomor 3.
• Backup Existing ROM - Backup ROM Android yang sekarang ( sebaiknya anda backup sistem anda dulu sebelum melakukan flashing)
• Wipe Data anda Cache - ceklis jika anda ingin melakukan clean install. hal ini tidak akan menyebabkan data sdCard anda terhapus.
• Ikuti instruksi selanjutnya, untuk memulai Proses Flashing Custom ROM.
 




Proses Flashing membutuhkan  waktu kira-kira 5-10 menit. untuk  booting pertama setelah Android selesai di flash  membutuhkan  waktu sampai 20 menit,  anda harus  bersabar sampai proses booting pertama selesai. Share

1 comment:

  1. ini makan RAM nggak ??,, kn biasa nya klo upgrade ROM tuh jd kemakan RAM nya ??

    ReplyDelete