BERBAGILAH DALAM HAL KEBAIKAN TERMASUK ILMU WALAU CUMA SETITIK....

11/28/2012

Backup dan Restore Data Android

Anda tahu  hard  reset / factory reset ?  Bagi  yang belum tahu, hard / factory reset merupakan metode penghapusan  data   pengguna  dan  mengembalikan   gadget  seperti  saat  di  keluarkan  dari  pabrik. Bagaimana jika anda ingin melakukan factory reset pada smartphone android tanpa kehilangan data? Jika itu yang anda ingin kan, berikut ini saya berikan solusinya.
Pertama – tama kita harus tahu dulu data apa saja yang di hapus oleh metode ini, yang di hapus antara lain: SMS,  Contact,  Call Log, dan Aplikasi yang bukan bawaan pabrik. Setelah mengetahui data apa saja yang  akan  hilang baru kita mengatur strategi penyelamatan data. Berikut langkah – langkahnya.

Membackup SMS, Contact, dan Catatan Panggilan Android
Untuk membackup SMS, Contact dan, Call Log saya memilih menggunakan Mobile Back Up II yang tersedia   gratis  di android market.  Jika anda  belum  menginstall  aplikasi  ini silahkan buka aplikasi market lalu  lakukan  pencarian  dengan  kata kunci “Mobile Back Up II“,  kemudian pilih install dan tunggu hingga proses download dan instalasi selesai.
Jika prose s instalasi  telah selesai,  buka  aplikasi  yang baru  kita install tadi kemudian pilih data apa yang ingin anda backup dan tunggu hingga selesai satu persatu.


backup calender sms, contact,dan call log android

Membackup aplikasi android
Selanjutnya kita akan  membackup aplikasi  pada ponsel  android  kita dengan Estrongs File Explorer. Estrongs  File  Explorer  saya pilih  karena  selain  mampu  membackup  aplikasi  yang terinstall juga memiliki  kemampuan  untuk  menginstall aplikasi  dari SD  card, selain  itu  aplikasi ini juga mampu untuk mengakses FTP dan jaringan LAN.
Setelah di install (gunakan android market untuk menginstall), jalankan aplikasi ini. Pada sudut kanan pastikan bahwa local telah  terpilih,  kemudian  tekan tombol  menu, lalu pilih manager dan pilih App Manager.  Selanjutnya akan  ditampilkan  aplikasi-aplikasi  yang terinstall  di android  anda.  gunakan fungsi multi  select  dengan  menyentuh  icon yang  terletak di sebelah icon rumah. Dengan fungsi ini anda dapat  memilih  aplikasi  atau beberapa  aplikasi sekaligus,  jika aplikasi yang ingin anda backup telah terpilih tekan tombol  menu lalu  pilih  backup. proses  backup  akan  tampil pada area notifikasi (bagian atas layar) dan tunggu hingga selesai.


Backup aplikasi android dengan EStrongs File Manager

Melakukan Factory Reset
Sekarang bagian menegangkan ,  melakukan  factory reset.  Ada  beberapa  cara untuk melakukannya yang pertama dengan  menekan  kombinasi tombol tertentu di saat android booting (awal dihidupkan) namun  kombinasi  tombol  bervariasi antar  produsen  jadi saya  pilih cara  yang kedua  yaitu dengan menggunakan menu yang terdapat di aplikasi setting android yang pasti sama di setiap android.
Untuk melakukannya pertama kita buka terlebih dahulu aplikasi setting , jika sudah pilih privacy lalu pilih  Factory  data  reset.  Selanjutnya  anda  akan  diminta  konfirmasi  dan  setelah  anda  memberi konfirmasi otomatis android akan melakukan restart lalu masuk keproses reset. Lama proses tergantung dari berapa banyak data yang dihapus, pada ponsel saya memakan waktu sekitar 10 menit. Setelah proses selesai secara  otomatis  android  akan melakukan  restart dan masuk ke sistem seperti biasa.

Merestore aplikasi pada android
Jika proses  di atas  berjalan  lancar,  sekarang  saatnya  kita  mengembalikan  data-data kita, dimulai dengan aplikasi.  Pertama-tama  kita install  lagi Estrongs  File Explorer  dengan  mendownload dari market.  Jika sudah silahkan buka  aplikasi tersebut kemudian buka /sdcard/backups/apps/ di sanalah semua file backup aplikasi kita disimpan secara default. Pilih aplikasi yang ingin anda instal kembali satu persatu.

Merestore SMS,Contact, dan Call Log pada android
Sekarang saatnya  kita mengembalikan  semua data sms,  contact  dan  catatan  panggilan ke android kesayangan  kita. Pertama-tama  anda  harus  menginstall  kembali  Mobile Backup II  pada  langkah restore aplikasi  diatas. Jika sudah buka  aplikasi ini lalu  buka tab restore selanjutnya pilih data yang akan direstore  kembali  ke  andorid anda.  Prosesnya sama dengan saat kita membackup. Jika sudah selesailah sudah tugas kita.

Kesimpulan
Factory Reset berguna saat  kita ingin mejual kembali android  kita dan ingin membersihkan seluruh data pribadi kita, namun bisa  juga  kita  gunakan ketika  android  kita  mulai terasa lambat layaknya install ulang windows.  Jika  kita menggunakannya  untuk  tujuan  yang  kedua, langkah  diatas akan membantu anda mencegah kehilangan data saat factory reset.
 
Mengembalikan Tampilan Awal Android (ROM) Dengan CWM Recovery
Pada   kesempatan  ini saya  akan  membagikan  info  dan  tutorial  bagaimana  cara mengembalikan tampilan (ROM) ke semula,  karena banyak dari pengguna android selalu mengupdate ROM mereka tanpa mengetahui  dampak  sebenarnya  dari  mengupdate  ROM  tersebut,  ROM yang saya maksud adalah ICS ( Ice cream Sandwhich).!  banyak  pengguna android  mengupdate ROM  mereka ke ICS tanpa memahami  betul  masalah  yang timbul  dari  update tersebut salah satunya aplikasi atau game  yang tidak dapat  dimainkan  di ICS.!  Namun pada kesempatan ini saya akan membagikan cara atau tutorial mengembalikan tampilan awal android anda(ROM).!

Aplikasi  yang  saya  gunakan  adalah  CWM Recovery  atau ClockWorkMod Recovery, aplikasi ini memungkinkan  membackup  dan mengrestore  ROM  anda  kembali ke semula sehingga anda tidak khawatir lagi,  selain  itu  aplikasi  ini  biasanya  di siapkan  ketika  kita  ingin  memulai root sebuah android, sebelum saya  memberikan  prosedurnya terlebih dahulu saya infokan bahwa kemungkinan CWM Recovery ngak berfungsi ketika anda  telah beberapa  kali mengupdate  ROM anda, sehingga Track Rekaman awal  Sistem  mungkin ngak  terbaca  selain itu  hanya ada beberapa sebagian besar produk android  yang  bisa memakai  aplikasi ini contoh  Galaxy Nexus ,Galaxy S2,Galaxy Nexus S  dan  masih  ada lagi.! jadi  ngak  usah berbicara  terlalu  panjang saya  akan membagikan tutorialnya dengan gambar  sehingga  anda  dengan  mudah  dapat  memahami  langkah-langkah yang saya akan berikan:

Langkah-langkah:
Setelah Anda siap dengan rooting pada ponsel Anda, sekarang Anda siap untuk memulai proses back up ROM.  Pertama-tama anda  harus  menginstal  Manager  ROM  Android  Application,  yang dapat dengan mudah download dari Android Labs Apps secara gratis.
•  Buka Manajer ROM aplikasi Android pada ponsel Anda.
•  Anda perlu untuk flash Pemulihan ClockworkMod yang terdapat pada Option di ROM Manager Download DISINI




•  Sekarang di antara pilihan Anda perlu memilih Backup Current ROM dan ini akan meminta And untuk memberikan nama untuk nama cadangan baru.



• Hal ini selanjutnya akan meminta izin SuperUser pada ponsel Anda dan Anda harus memilih FIX Permission.
• Setelah selesai, backup ROM yang ada akan dilakukan setelah restart telepon Anda.
• Jadi sekarang jika sesuatu yang tidak beres di salah satu ROM kustom yang Anda jalankan Anda dapat dengan mudah  mengembalikanvcadangan ROM yang Anda telah ambil sebelumnya.



• Untuk melakukan ini, Anda perlu membuka Manajer ROM lagi, kemudian pilih "Manage And     Restore Backup" dan kemudian klik pada "Restore".
• Mengambil cadangan yang Anda ingin mengembalikan antara cadangan terdaftar yang telah dilakukan sebelumnya.
• Boot telepon dan Anda akan mendapatkan cadangan original ROM Anda.
Share

No comments:

Post a Comment