BERBAGILAH DALAM HAL KEBAIKAN TERMASUK ILMU WALAU CUMA SETITIK....

7/26/2011

Cara Download uTorrent dan Setting uTorrent supaya lebih cepat


Salasatu cara mendownload file yang biasa kita temui diinternet adalah lewat Torrent, dan pada postingan kali ini saya mencoba menguraikan cara mendownload file lewat Torrent.
Pertama-tama tentunya adalah menginstal software download Torrent di PC, dan pada contoh ini saya gunakan BitTorrent yang gambar tampilan awalnya seperti contoh diawah ini.
Dan BitTorrent bisa kita gunakan mendownload dari file Torrent yang sudah kita download dan simpan dikomputer, bisa juga kita gunakan mendownload dari link download file yang kita dapat dari forum" komunitas torrent diinternet.

Umpamanya kita akan mendownload lewat file torrent yang sudah kita download sebelumnya dan tersimpan dikomputer, maka caranya sebagai berikut:

Klik Add Torrent seperti pada contoh gambar dibawah ini.
Kemudian browse dimana file torrentnya (*.torrent) disimpan dikomputer.

Umpamanya seperti pada contoh ini saya mendownload Windows 7 lewat file torrent yang sudah tersimpan dikomputer.
Bagi teman" yg kepingin coba-coba juga, download file torrentnya dibawah ini.
Password rar = j3rmy

Dan akan seperti pada contoh gambar dibawah ini.

Klik Open, dan akan dibuka file torrentnya yang memuat apa-apa saja isi dari file torrent tersebut, serta pada tahap ini kita tentukan juga dimana semua file yang akan didownload disimpan.

Pada contoh gambar diatas filenya saya simpan dipartisi C: pada folder Win7, dan untuk ukuran semua file yang akan didownload sekitar 3.74 GB.

Selanjutnya klik OK, dan proses download filenya akan dimulai seperti pada contoh gambar dibawah ini.

Tinggal tunggu downloadnya selesai .

Catatan
Mendownload file lewat Torrent hendaknya berhati-hati, karena komunitas ini merupakan komunitas yang bebas, sehingga kemungkinan bisa saja file" yang kita download diboncengi virus, trojan, spyware, atau teman"nya. Jadi file" yang didownload sebelum digunakan hendaknya discan dulu dengan antivirus (update terbaru) baru kita gunakan.

Seting uTorrent supaya lebih cepat
Berikut adalah pembahasan bagaimana pengaturan software uTorrent supaya “lebih cepat” dalam mendownload suatu file torrent. uTorrent adalah software kecil yang digunakan sebagai bittorrent client, supaya kita bisa mendownload dengan metode torrent.
Sebenarnya tidak mutlak “mempercepat”, akan tetapi berbagai pengaturan berikut lebih membuat software tersebut menjadi lebih efisien dalam keadaan tertentu, sehingga dalam keadaan tersebut akan bisa mendownload lebih cepat. Bagi anda yang sudah cukup puas dengan kinerja uTorrent standar, artinya tanpa tweaking, juga tidak harus mengikuti pengaturan-pengaturan ini. Peningkatan performa pada uTorrent dengan tweaking ini sekali lagi hanya terjadi pada keadaan-keadaan khusus, yang bisa dimengerti dari berbagai parameter yang nanti akan diubah. Pada berbagai keadaan normal seperti koneksi internet yang cepat dan seedernya sangat banyak, pengaturan berikut tidak akan meningkatkan performa, karena pada kondisi defaultnya saja performanya sudah akan sangat baik.


Seting pada Connection
Pertama-tama, buka window uTorrent dan pilih menu Option>Preferences. Dalam hal ini penulis memakai uTorrent versi 2.0.4; jika Anda memakai versi yang lebih baru pastinya ada sedikit perbedaan pada tampilan dan kelengkapan menunya, akan tetapi tidak masalah, karena garis besarnya sama saja. Seperti pada gambar pertama di atas, pilih sub menu connection dan isikan port number (ubah angkanya) seperti pada gambar.
Kedua, pilih submenu Bandwith, dan atur angkanya seperti pada gambar berikut ini:

Seting pada Bandwith
Ketiga, pilih submenu Bittorent, dan pastikan setingnya seperti gambar berikut ini:

Seting submenu Bittorrent
Keempat, atur submenu Advanced:
Masih ada beberapa yang lain yang perlu diubah di Advanced ini
Untuk yang submenu Advanced ini masih ada beberapa subitem lain yang perlu diubah nilainya selain pada gambar di atas. Ubah parameter lain seperti berikut ini (scroll ke bawah pada submenu Advanced di komputer anda dan cari subitem-subitem ini!):
  1. bt.allow_same_ip -> true
  2. bt.enable_tracker -> true
  3. bt.send_have_to_seed -> false
  4. dht.rate -> 2
  5. gui.bypass_search_redirect -> true
  6. gui.delete_to_trash -> false
  7. ipfilter.enable -> false
  8. net.max_halfopen -> 66
  9. net.outgoing_max_port -> 50
  10. net.wsaevents -> 150
  11. peer.disconnect.inactive_interval -> 900
  12. rss.Update_interval -> 20
Demikian pengaturan software uTorrent yang telah dicoba oleh penulis. Bila tweaking seperti tersebut di atas menimbulkan masalah, kita bisa kembalikan ke posisi default dengan menekan tombol Reset pada submenu Advanced tersebut.
NB:
Tambahkan trackers di bawah ini pada setiap download (terutama bila terasa lambat), klik kanan pada daftar trackers, dan pilih add trackers:
udp://exodus.1337x.org/announce
udp://tracker.openbittorrent.com/announce
udp://tracker.istole.it:80/announce
udp://genesis.1337x.org:1337/announce
udp://tracker.publicbt.com/announce
udp://tracker.irc.su:80/announce
udp://tracker.openbittorrent.com:80/announce
udp://tracker.publicbt.com:80/announce
udp://tracker2.istole.it:80/announce
udp://genesis.1337x.org:80/announce
Semoga bermanfaat!


















Share

6 comments:

  1. Thanks atas infony kk, it works ^_^...

    ReplyDelete
  2. mantabs bro thank's

    ReplyDelete
  3. lagu di blog mas, apa judul nya mas...?

    ReplyDelete
  4. thank's infonya bang.. tp ni torrent temenq msih suka not responding gitu..

    ReplyDelete